Home » Berita & Kegiatan » Pascasarjana UIN Suka Yogyakarta Bekali Mahasiswanya Dengan IELTS

Profil Cilacs UII :

Hubungi Kami

Cilacs Universitas Islam Indonesia

Kantor 1 : Jl. Demangan Baru No.24, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta, telp/faks. (0274) 540255, SMS/WA. 0857 4365 0224

Kantor 2 : Gd. Unishop, Kampus UII Terpadu, Jl. Kaliurang km 14,5, Sleman, D.I. Yogyakarta, telp. (0274) 4547153

email : cilacs(at)uii.ac.id

Pascasarjana UIN Suka Yogyakarta Bekali Mahasiswanya Dengan IELTS

Ro’fah, S.Ag., BSW., MA., Ph.D secara resmi membuka program pelatihan 

Dalam rangka membekali mahasiswanya untuk  menempuh studi lanjut  ke jenjang berikutnya , Program Pascasarjana  UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan pelatihan bahasa Inggris berupa IELTS Preparation yang bekerja samama dengan Cilacs UII, program diikuti oleh sebanyak sekitar 59 orang yang terbagi  ada 4 kelas. Secara keseluruhan pelaksanaan program ini sudah menjadi tanggung jawab pihak pengelola PPs UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

IELTS Preparation yang diselanggarakan ini mempelajari bagaimana menjaawab setiap soal dalam IELTS Test, dalam pelatihan tersebut juga diberikan tips dan trik dalam menghadapi soal IELTS yang sesungguhnya nantinya. Program berlangsung interaktif dimulai sejak 14 Agustus 2018 dan dilakukan final test pada 24-25 September 2018.

                                                                                  Pelaksanaan kelad ndan tes simulasi IELTS

Ketua Program Magister UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu Ro’fah, S.Ag., BSW., MA., Ph.D yang di dampingi Dr. Roma Ulin Nuha, M.Hum. (Sekretaris Program Magister) dan Dr. Eva Latipah, M.Si. (Sekretaris Program Doktor) mengingatkan kepada para peserta saat membuka kegiatan ini  beberapa waktu lalu “Bahwa program ini merupakan investasi besar bagi setiap peserta dimasa yang akan datang, manfaatkan program ini sebaik mungkin dan semoga dapat membawa hasil positif”.

Seperti diketahui bersama bahwa, IELTS adalah tes Bahasa Inggris yang paling popular di dunia, diterima sebagai syarat belajar, bekerja dan pindah negara. Test ini mengukur kecakapan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris yang meliputi keempat keterampilan berbahasa antara lain mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara. IELTS tersedia dalam dua jenis yaitu akademik dan non akademik. Keduanya dikenal dengan sebutan Academic dan General Training. Jenis tes dan skor yang perlukan bergantung pada persyaratan dari institusi yang dituju nantinya.

                                                              Sesi Speaking (interview) bagi ,peserta tes simulasi

IELTS Academic mengukur kecakapan berbahasa Inggris untuk lingkungan pendidikan tinggi akademis,  seseorang dapat memilih IELTS Academic bila ingin belajar atau mengikuti pelatihan di sebuah universitas atau sekolah tinggi pada tingkat sarjana atau pasca sarjana, atau bisa diguanakan juga untuk mendaftar ke organisasi profesional ( kesehatan, keperawatan, akuntansi, teknik).

Sedangkan IELTS General training mengukur kecakapan berbahasa Inggris dalam konteks sehari-hari, biasanya digunakan bagi mereka yang akan belajar atau kursus di sekolah lanjutan atau mengikuti program pelatihan tertentu. Jenis ini juga sering digunakan sebagai persyaratan visa bila seseorang berencana untuk pindah ke negara berbahasa Inggris misalkan Australia, Kanada dan Inggris. (Ank)

                                                              Sesi Listening dan Writing peserta kelas IELTS Preparation