Home » Berita & Kegiatan » Prodi MIAI FIAI UII Gandeng Cilacs UII Uji Bahasa Arab Mahasiswanya dengan SIMLA

Profil Cilacs UII :

Hubungi Kami

Cilacs Universitas Islam Indonesia

Kantor 1 : Jl. Demangan Baru No.24, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta, telp/faks. (0274) 540255, SMS/WA. 0857 4365 0224

Kantor 2 : Gd. Unishop, Kampus UII Terpadu, Jl. Kaliurang km 14,5, Sleman, D.I. Yogyakarta, telp. (0274) 4547153

email : cilacs(at)uii.ac.id

Prodi MIAI FIAI UII Gandeng Cilacs UII Uji Bahasa Arab Mahasiswanya dengan SIMLA

                                                     Mohammad Rofiqi, S.S., M.Hum sedang memaparkan materinya

Demangan Baru, pada hari Sabtu 22 September 2018 Prodi MIAI FIAI UII mengadakan kegiatan Seminar dan Workshop tes bahasa Arab yang bekerjasama dengan Cilacs UII dan diikuti oleh seluruh mahasiswa Magister Ilmu Agama Islam (MIAI) FIAI UII. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan seminar sebelumnya yaitu  tes komptetensi bahasa Inggris dan tes CEPT Cilacs UII.

Seminar diawali dengan pengenalan berbagai macam tes bahasa Arab yang ada di Indonesia, materti disampaikan secara jelas oleh Mohammad Rofiqi, S.S., M.Hum yang merupakan salah satu pengajar bahasa Arab di Cilacs UII yang berpengalaman dalam hal tes kompetensi bahasa Arab.  Dalam kesempatan itu pula Rofiqi menyampaikan tips  dalam menghadapi tes bahasa Arab yang akan dihadapi nantinya.

Seminar berlangsung selama 2 jam dan dilanjutkan pada sesi kedua yaitu tes resmi bahasa Arab Syahadah al Ikhtibar li Maharah al-Lughah al-‘Arabiyyah (SIMLA) yang diterbitkan oleh Cilacs UII. SIMLA terdiri dari 3 komponen tes, pertama, Fahm Masmu’ (Listening Comprehension) adalah tes menyimak monolog dan/atau dialog yang terdiri dari  40 soal,  kedua, Asalib wa Tarakib (Structure and Written Expression) adalah tes tata bahasa dalam bahasa Arab yang terdiri dari 20 soal dan yang ketiga adalah Fahm Maqru’ (Reading Comprehension) adalah tes kemampuan membaca teks berbahasa Arab yang terdiri dari 60 soal. Seluruh peserta harus dapat menjawab soal tersebut dalam waktu 120 menit.

Hasil dari tes ini diharapkan menambahi wawasan kepada mahasiswa yang dapat digunakan setelah kelulusan untuk keperluan studi lanjut maupun bekerja. (Ank)