Home » Berita & Kegiatan » BIPA dan Kultur Jawa Islam Diminati Mahasiswa Asing

Profil Cilacs UII :

Hubungi Kami

Cilacs Universitas Islam Indonesia

Kantor 1 : Jl. Demangan Baru No.24, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta, telp/faks. (0274) 540255, SMS/WA. 0857 4365 0224

Kantor 2 : Gd. Unishop, Kampus UII Terpadu, Jl. Kaliurang km 14,5, Sleman, D.I. Yogyakarta, telp. (0274) 4547153

email : cilacs(at)uii.ac.id

BIPA dan Kultur Jawa Islam Diminati Mahasiswa Asing

Negara Indonesia adalah negara kultural, ditempati oleh masyarakat (rakyat) yang juga  memiliki bermacam kebudayaan dan agama yang berbeda. Kita patut bersyukur, walaupun Indonesia dihuni oleh masyarakat yang demikian namun bisa tetap utuh sebagai sebuah negara. Hal ini pula yang menjadikan warga asing tertarik dengan Indonesia baik bahasa, budaya serta kulturnya yang begitu kuat.

Pengembangan bahasa Indonesia di Cilacs UII sudah dimulai sejak lama, kali ini Cilacs mendesain program bahasa Indonesia yang dipadukan dengan kultur Jawa dan Islam. Head of Research and Development Program Cilacs UII, F. Aldhika Deinza Saputra, S.Pd., M.M, saat diwancarai diruang kerjanya pada Senin 10 September 2018  menjelaskan bahwa siswa yang belajar bahasa Indonesia akan diajak secara langsung menggali kebudayaan lokal yang ada. Khusus di Yogyakarta, siswa akan diajak berinteraksi secara langsung dengan masyarakat desa tertentu. Sedangkan dalam pembejaran budaya Islam siswa BIPA nantinya akan diajak mengunjungi beberapa masjid bersejarah dan pondok pesantren yang ada di Yogyakarta.

Agar lebih dikenal di pasar luas,  Cilacs UII  tidak hanya mengenalkan program ini di wilayah Yogyakarta namun juga ke luar wilayah Yogyakarta. Seperti yang dilakukan pada bulan Agustus lalu, Direktur Cilacs UII Fitri Nugraheni, Ph.D mengirimkan delegasinya untuk  mengunjungi  Unikom (Universitas Komputer Indonesia). Aldhika Deinza Saputra, S.Pd., M.M  yang bertugas saat itu menjelaskan pertemuan pada hari Senin, 20 Agustus 2018 bahwa kehadiran Cilacs UII disambut baik oleh Dr. Inta Budi Setya Nusa,S.E., M.Ak. selaku Direktur Internasional Program dan Beasiswa Unggulan Unikom, Bandung.  Lebih lanjut Deinza menyampaikan bahwa pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan sebelumnya yaitu pada bulan Maret 2018 lalu, pertemuan berlangsung santai di Kantor International Office Affair Unikom, kedua belah pihak  mendiskuasikan tentang perkembangan BIPA di lembaga masing-masing. Sesuai tujuan utamanya, Cilacs memperkenalkan desain baru BIPA yang dikombinasikan dengan materi kultur Jawa dan Islam bagi mahasiswa asing.

Dalam perbincangan tersebut pihak Unikom Bandung menyambut positif dan menyampaikan bahwa kemungkinan sangat diminati oleh mahasiswa asing yang belajar di Unikom. Pada akhir pertemuan kedua belah pihak berharap dapat terjalin kerjasama dimasa yang akan datang.