Home » Berita & Kegiatan » Mantapkan Semangat Langkah Mendunia, Cilacs UII Kunjungi Bangkok

Profil Cilacs UII :

Hubungi Kami

Cilacs Universitas Islam Indonesia

Kantor 1 : Jl. Demangan Baru No.24, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta, telp/faks. (0274) 540255, SMS/WA. 0857 4365 0224

Kantor 2 : Gd. Unishop, Kampus UII Terpadu, Jl. Kaliurang km 14,5, Sleman, D.I. Yogyakarta, telp. (0274) 4547153

email : cilacs(at)uii.ac.id

Mantapkan Semangat Langkah Mendunia, Cilacs UII Kunjungi Bangkok

Direktur Cilacs UII, Fitri Nugraheni, Ph.D berbincang dengan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand Ahmad Rusdi.

Sebagai upaya mewujudkan semangat “Langkah Mendunia’ yang digaungkan sejak tahun 2018 ini, Cilacs UII sebagai lembaga pelatihan bahasa asing Asia dan Eropa yang memiliki orientasi nasional dan internasional, Cilacs UII ingin sekali dikenal tidak hanya di segmen pasar nasional namun juga ingin dikenal sebagi lembaga bahasa asing yang dikenal di segmen pasar internasional. Untuk itu, perlu adanya sebuah kegiatan ataupun kerjasama dengan negara lain.

Dipimpin langsung oleh Direktur Cilacs UII, Fitri Nugraheni, Ph.D yang didampingi oleh Aditya Suci, S.Pt (Kepala Departemen  Pemasaran), Aldhika Deinza, S.Pd.,M.M. (Kepala Departeme Litbang), Suprihatin, A.Md. (Kepala Departemen. Akademik), Aisyiyah, S.E., M.M. (Kepala Departemen Keuangan) melakukan kunjungan ke Bangkok yang bertujuan menjajaki kemungkinan kerjasama sekaligus memasarkan produk Cilacs yaitu program bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) ke beberapa sekolah menengah yang ada di Bangkok, Thailand.

Kunjungan diawali pada hari Kamis, 2 Agustus 2018 yaitu di Kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Phetchaburi Rd, Khwaeng Thanon Phetchaburi, Khet Ratchathewi, Thailand. Dalam kesempatan itu, tim Cilacs ditemui secara langsung oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand Ahmad Rusdi.

Kunjungan di KBRI ini adalah kunjungan pembuka dari rangkaian kunjungan tim Cilacs ke Bangkok. Sesuai jadwal Cilacs UII akan menemui beberapa perwakilan sekolah tingkat menengah (SMU) yang ada di Bangkok guna menawarkan program pelatihan bahasa Inggris dan BIPA (Immersion Program). Program ini sendiri memiliki daya tarik tersendiri, dimana siswa SMU yang berasal dari Bangkok diajak belajar bahasa di Yogyakarta selama 2 atau 4 minggu dengan berbagai kegiatan pengenalan budaya yang sangat menarik. Selainitu, Cilacs UII juga siap mengirimkan guru bahasa yang diperlukan tidak hanya untuk tingkat sekolah menengah namun juga perguruan tinggi.

Dalam pembicaraannya dengan Ahmad Rusdi,  Fitri juga menyampaikan pandangan tentang pentingnya borderless education  yang memungkinkan seorang pelajar tidak hanya belajar di negaranya saja, dalam hal ini Cilacs siap untuk menjadi mitra berbagai pihak dalam implementasi konsep tersebut.

Saat dihubungi melalui telepon, Fitri berharap bahwa kegiatan ini menjadi kesempatan  Cilacs UII untuk berbagi ilmu dengan saudara serumpun di ASEAN, menjalin ukhuwah dan meningkatkan kapasitas generasi penerus untuk masa depan yg lebih baik.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Ahmad Rusdi, dimana kondisi pendidikan di Bangkok saat ini cukup maju, tidak berbeda dengan kehidupan kampus yang ada di Indonesia, Ahmad Rusdi juga berharap dapat tercipta kerjasama-kerjasama yang ditandai dengan MoU dan diimplementasikan dengan baik. Di akhir pertemuan tersebut,  kedua belah pihak saling bertukar cinderamata. (Adt/Ank)

Tim Cilacs UII sedang memaparkan beberapa program Cilacs kepada Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand Ahmad Rusdi.

Pada akhir pertemuan Tim Cilacs UII dan Kedubes Thailand saling bertukar cinderamata