Home » Berita & Kegiatan » Seminar ‘Getting Ready to be 21th Century English Teachers’ Cilacs UII Undang Guru Bahasa Inggris SMA Se DIY

Profil Cilacs UII :

Hubungi Kami

Cilacs Universitas Islam Indonesia

Kantor 1 : Jl. Demangan Baru No.24, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta, telp/faks. (0274) 540255, SMS/WA. 0857 4365 0224

Kantor 2 : Gd. Unishop, Kampus UII Terpadu, Jl. Kaliurang km 14,5, Sleman, D.I. Yogyakarta, telp. (0274) 4547153

email : cilacs(at)uii.ac.id

Seminar ‘Getting Ready to be 21th Century English Teachers’ Cilacs UII Undang Guru Bahasa Inggris SMA Se DIY

Daniel sedang menyampaiakan materima

Mendapatkan beasiswa bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi jika beasiswa yang dikejar adalah beasiswa yang berasal dari luar negeri. Selain kemampuan yang memadai dukungan motivasi menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Kombinasi antara kemampuan dan motivasi tentu menjadi menarik apabila dipadukan dengan kondisi saat ini, dimana era globalisasi atau sering juga disebut sebagai era generasi milenia yang dekat dengan perkembangan teknologi. Tidak dapat dipungkiri, menuntut  para pendidik untuk bisa mengimbangi perubahan tersebut.

Seperti diketahui, banyak sekali beasiswa dari luar negeri yang ditawarkan untuk warga negara Indonesia terutama jenjang SMA yang akan melanjutkan ke jenjang S1, sebut saja The Stipendium Hungaricum Scholarship Programme, Italian Government Scholarship, dan Orange Tulip Scholarship. Dengan demikian, bagi mereka, siswa–siswi SMA yang berkeinginan untuk melanjutkan studi ke luar negeri semestinya dibekali dengan ketrampilan bahasa asing, khususnya bahasa Inggris. Peran guru bahasa Inggris inilah yang diharapkan dapat mendukung dan memotivasi serta mempersiapkan siswanya sejak dini.

Hal itulah  yang melatarbelakangi Cilacs UII mengadakan seminar Getting Ready to Be 21th Century English Teachers pada Rabu 9 Mei 2018 di Prime Plaza Hotel Yogyakarta yang diikuti oleh guru bahasa Inggris perwakilan dari SMA se DIY. Dalam sambutan tertulisnya Direktur Cilacs UII Fitri Nugraheni, Ph.D menyampaikan bahawa “Dengan penyelenggaraan seminar ini, Cilacs UII berupaya untuk terus memberikan kontribusi positif dalam pengembangan kualitas pengajaran bahasa Inggris. Kami selalu berahap dapat mendorong para pendidik untuk melakukan inovasi sesuai perkembangan zaman. Mari bersiap menjadi guru abad 21 yang kreatif dan inovatif”

Seminar ini sendiri merupakah rangkaian dari 15th Cilacs Anniversary, dibuka secara simbolis oleh Aisyiyah, M.M  selaku ketua panitia 15th Cilacs Anniversary, kegiatan seminar ini berlangsung meriah dan interaktif dengan mengadirkan 2 pembicara yang ahli di bidangnya yaitu Daniel Ari Widhiatama, M.Hum yang merupakan dosen Bahasa Inggris di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta yang mengangkat tema Adapting Current Platform for 21st Century Classrooms. Sebagai pembicara kedua, Anita Tri Astuti M.A, Ph.D yang sehari-hari sebagai dosen bahasa Inggris di Universitas Negeri Yogyakarta mengambil topik menarik yaitu Integrating 21st Century Challenges into English Language, perbincangan tersebut semakin menarik karena dipandu oleh moderator yang atraktif oleh Irma Windy Astuti, S.S., M.Hum yang saat ini merupakan dosen di Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Setelah pemaparan materi oleh kedua pembicara, dilaksanakan pula sesi tanya jawab dan diskusi tentang perkembangan bahasa Inggris sekolah masing-masing, terutama tentang pemanfaatan media sosial dan pemanfaatan internet saat ini.

Diakhir kegiatan, diberikan pengahargaan kepada beberapa guru yang telah berkontribusi aktif dalam seminar tersebut serta cindera mata bagi para pembicara dan moderator. (Ank)

fotofoto bersama antara peserta dan pembicara

pembicara dan moderator menerima cindera mata dari panitia seminar