Home » Berita & Kegiatan » Uji Bahasa Arab Mahasiswanya, Pascasarjana MSI FIAI UII Gunakan SIMLA Cilacs UII

Hubungi Kami

Cilacs Universitas Islam Indonesia

Kantor 1 : Jl. Demangan Baru No.24, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta, telp/faks. (0274) 540255, SMS/WA. 0857 4365 0224

Kantor 2 : Gd. Unishop, Kampus UII Terpadu, Jl. Kaliurang km 14,5, Sleman, D.I. Yogyakarta, telp. (0274) 4547153

email : cilacs(at)uii.ac.id

Uji Bahasa Arab Mahasiswanya, Pascasarjana MSI FIAI UII Gunakan SIMLA Cilacs UII

Sebagai institusi pendidikan berbasis agama Islam, PPs MSI FIAI UII memiliki tantangan tersendiri dalam upaya meningkatkan kualitas lulusannya. Bahasa Arab merupakan bahasa yang harus dikuasai oleh setiap mahasiswa PPs MSI FIAI UII, namun demikian kemampuan tersebut perlu kiranya diukur dengan alat uji kompetensi bahasa Arab yang terpercaya.

Sehubungan dengan hal tersebut, PPs MSI FIAI UII bekerjasama dengan Cilacs UII yang merupakan lembaga pelatihan bahasa dan budaya asing Asia dan Eropa yang sudah berpengalaman dalam hal tersebut mengadakan “Tes bahasa Arab dan Tes SIMLA”. Seminar berlangsung selama 180 menit yang kemudian dirangkai dengan tes bahasa Arab Syahadah al Ikhtibar li Maharah al-Lughah al-‘Arabiyyah (SIMLA).

SIMLA merupakan alat ukur kompetensi bahasa Arab Cilacs UII terdiri dari 3 komponen tes, pertama, Fahm Masmu’ (Listening Comprehension) adalah tes menyimak monolog dan atau dialog yang terdiri dari  40 soal,  kedua, Asalib wa Tarakib (Structure and Written Expression) adalah tes tata bahasa dalam bahasa Arab yang terdiri dari 20 soal dan yang ketiga adalah Fahm Maqru’ (Reading Comprehension) adalah tes kemampuan membaca teks berbahasa Arab yang terdiri dari 60 soal. Seluruh peserta harus dapat menjawab soal tersebut dalam waktu 120 menit.

Kegiatan ini berlangsung dalam 2 gelombang pelaksanaan yaitu gelombang pertama pada Sabtu tanggal 9 dan 16 September 2017. Secara keseluruhan kegiatan ini diikuti oleh 134 mahasiswa PPs FIAI UII angkatan 2015/2016 untuk jenjang S2 maupun S3 yang merupakan jurusan Ekonomi Islam, Pendidikan Islam dan Hukum Islam.

Hasil dari tes ini juga diharapkan memberi wawasan lebih kepada mahasiswa terkait jenis-jenis tes kemampuan bahasa Arab yang ada di Indonesia, sedangkan hasil (sertifikat/score) yang diperoleh nanti diharapkan dapat bermanfaat sebagai portofolio tiap mahasiswa agar dapat digunakan ketika lulus untuk keperluan studi lanjut maupun bekerja. (Ank)