Home » Berita & Kegiatan » BIPA Cilacs UII : Barney Membuat Pecel dan Rose Menari Nawung Sekar

Profil Cilacs UII :

Hubungi Kami

Cilacs Universitas Islam Indonesia

Kantor 1 : Jl. Demangan Baru No.24, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta, telp/faks. (0274) 540255, SMS/WA. 0857 4365 0224

Kantor 2 : Gd. Unishop, Kampus UII Terpadu, Jl. Kaliurang km 14,5, Sleman, D.I. Yogyakarta, telp. (0274) 4547153

email : cilacs(at)uii.ac.id

BIPA Cilacs UII : Barney Membuat Pecel dan Rose Menari Nawung Sekar

 

Terasa tidak sabar, Sabtu, 9 September 2017 pukul 08.30 WIB Barney segera naik becak yang sudah disiapkan oleh pengajar sekaligus pemandu untuk menuju pasar tradisonal Demangan untuk berbelanja beberapa bahan sayuran. Barney demikian nama sapaan Barnaby Pekin-Stores yang merupakan mahasiswa Griffith University Australia yang sedang belajar bahasa Indonesia melalui kelas BIPA Cilacs UII, akan membuat menu tradisonal jawa yaitu pecel. Situasi dipasar Demangan pun mendandak ramai karena Barney sedikit kesulitan ketika berbelanja, “belanja dipasar itu sulit” demikian diucapkan Barney.

Ms. Heni yang dibantu oleh Ms. Feni dengan sabar terus mendampingi dan terus membantu agar apa yang diinginkan Barney dapat terpenuhi. Kemudian proses memasak bahan-bahan yang telah dibeli dilaksanakan di Cilacs UII Jl Demangan Baru 24 Yogyakarta.

Sementara itu, bersamaan dengan kegiatan kuliner khas Indonesia ini, di ruang Paris gedung Cilacs UII Rose Matthews melaksanakan pengenalan dan pelatihan menari Jawa yaitu tari Nawung Sekar yang dipandu oleh Ms. Gita dari UKM Tari UGM dan Ms. Ganggas selaku pengajar BIPA Cilacs UII. Dalam pelatihan tari tersebut dimulai dari dasar dan diakhiri dengan praktek menari lengkap dengan baju tari yang disediakan.

Kedua kegiatan ini merupakan bagian dari pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Cilacs UII. Diharapkan nantinya peserta semakin mahir dalam berbahasa Indonesia dan lebih mengenal budaya Indonesia. (Ank)