Home » Berita & Kegiatan » Tes Bahasa Inggris, Mudah

Hubungi Kami

Cilacs Universitas Islam Indonesia

Kantor 1 : Jl. Demangan Baru No.24, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta, telp/faks. (0274) 540255, SMS/WA. 0857 4365 0224

Kantor 2 : Gd. Unishop, Kampus UII Terpadu, Jl. Kaliurang km 14,5, Sleman, D.I. Yogyakarta, telp. (0274) 4547153

email : cilacs(at)uii.ac.id

Tes Bahasa Inggris, Mudah

Hampir di semua perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta score bahasa Inggris saat ini sering menjadi persoalan tersendiri bagi mahasiswa yang akan lulus, walaupun tidak semuanya tetapi perlu menjadi perhatian bersama. Sertifikat yang mencantumkan score  bahasa Inggris menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam kelulusan kuliah.

Saat ini masih banyak mahasiswa yang gagal mencapai skor yang diharapkan. Mereka harus mengulang tes hingga beberapa kali. Bahkan sebagian kecil dari mahasiswa mencapai skor tersebut melalui jalan kecurangan, dari mulai perjokian, saling mencontek, pemalsuan sertifikat, dll.

“Ada banyak faktor yang menyebabkan kegagalan dalam mencapai skor, pada umumnya  mahasiswa tidak siap dalam menghadapi tes bahasa Inggris, mereka kurang dalam penguasaan skill bahasa Inggris, tidak memahami karakter tes serta waktu yang sangat mendesak”, demikian disampaikan Andri, panggilan akrab Mulyono Andri Wibowo, selaku koordinator divisi tes CEPT dan SIMLA departemen Litbang CILACS UII.

Lebih lanjut Andri, menyampaikan tips singkat bagi mahasiswa, sebaiknya belajar bahasa Inggris setidaknya saat masuk semester 4 perkuliahan, belajarlah melalui lembaga bahasa   yang terdekat dan bisa dipercaya. Persiapan sejak dini dapat mempermudah kelulusan tes bahasa Inggris nantinya. Sedangkan bagi mahasiswa tingkat akhir yang sudah terlanjur lambat dalam belajar bahasa Inggris tentu diperlukan kesiapan ekstra, segeralah mencari rekan yang mampu memberikan informasi lebih terkait hal itu,  ikutilah program persiapan tes yang sesuai dan upayakan aktif bertanya kepada pengajar yang mendampingi. Yang perlu menjadi catatan bahwa tidak perlu panik dan berkonsultasilah semua persoalan kebahasaan kepada ahlinya melalui lembaga tersebut. Hindarilah menggunakan jasa perjokian ataupun melakukan kecurangan saat tes, hal itu dapat berakibat fatal.

“Di Cilacs UII, tes bahasa Inggris CEPT adalah salah satu alat uji kemahiran berbahasa Inggris yang dipercaya. Menjadi mahir dalam berbahasa tidak bisa didapatkan secara instan, diperlukan kesungguhan, praktik dan proses pembelajaran yang berkelanjutan”, demikian statement penutup Andri ketika ditemui diruang kerjanya Kamis, 6 Juli 2017. (Ank)